Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 6
Pengunjung Bulan ini : 142
Total Pengunjung : 351

SEDEKAH BUMI

Tanggal : 11 Oct 2018 04:56 Wib



    SEJEGI  Tanggal 7 Oktober 2018 warga masyarakat Desa Sejegi Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah melaksanakan kegiatan Sedekah Bumi, yang diikuti oleh beberapa Instansi dan juga warga masyarakat Desa Sejegi pada umumnya juga dihadiri oleh Kepala Desa Sejegi beserta Perangkat Desa dan Juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mempawah ,  adapun tujuan dari acara tersebut adalah untuk menjaga Kebudayaan Bangsa yang sudah ada agar tidak terpengaruh dari budaya luar yang bersifat negatif.

Kegiatan sedekah bumi ini adalah merupakan Tradisi adat Jawa yang sudah turun temurun dan disetiap daerah mungkin masih kita jumpai  acara sedekah bumi acara yang sangat di tungu – tungu oleh masyarakat Jawa khususnya. Mungkin di daerah    pesisir namanya bukan sedekah bumi , tapi sedekah laut atau juga larung.

Sedekah bumi di tempat saya mungkin berbeda dengan di daerah  yang lain. menurut tokoh masarakat acara sedekah bumi sudah terjadi pada zaman dahulu, pada saat itu ada seorang petapa yang singah di desa pringamba , karena melihat kondisi pada saat itu terjadi bencana kelaparan . sehinga pertapa tersebut melakukan meditasi di gunung pining, setelah selesai bermeditasi pertapa itu menyuruh  masarakat untuk berdoa ke pada yang maha kuasa dan sambil membawa hasil bumi, dan di adakan acara rongeng, petapa itu setelah melakukan sedekah bumi ambilah air yang di dalam cekungan. Untuk di bawa dan disiramkan pada tanaman warga. Kemudian pertapa itu mengatakan bahwasannya Sedekah Bumi harus di laksanakan setiap bulan sura, dan sambil menampilkan berbagai kesenian apa bila tidak di laksanakan akan terjadi bencana pada desa ini. Itu sepengal cerita dari asal usul sedekah bumi.

Dalam  kamus besar bahasa indonesia  sedekah bumi adalah acara yang di lakukan  setelah acara panen padi .tapi menurut tokoh masarakat  di desa sedekah bumi adalah acara untuk mengucapakan syukur melimpahnya hasil panen di desa dan untuk meminta perlindungan ke pada tuhan Yang Maha Esa dan juga meminta kesuburan tanah dan garapan para petani, selain itu juga ada yang bilang sedekah bumi untuk selamatan bumi atau tanah karena semua yang ada didunia ini berpijak pada bumi atau tanah, sehinga warga dengan senang hati untuk menyelamati bumi dengan ruwat bumi karena telah memberikan kesuburan tanam para warga.

Para tokoh masyarakat berpandangan bahwa dengan tahun melakukan sedekah bumi bisa menjaga kelestarian budaya kepada para cucu mereka ,karena dalam acara sedekah  bumi di ikuti oleh anak – anak dan orang dewasa, bagi para pemuda acara ini sangat penting karena bisa menanamkan rasa cinta terhadap alam dan bisa menjaga alam biar tidak rusak dan bisa dinikmati anak cucu mereka.

           


Kegiatan Desa Lainnya

Kegiatan 17 Agustus

Tanggal : 05 Sep 2018 03:50 Wib

2018

Rapat Evaluasi

Tanggal : 09 Aug 2018 01:37 Wib

2018

Musyawarah Desa

Tanggal : 20 Jul 2018 03:09 Wib

Tahun 2019

Pembangunan Jalan Rabat Beton

Tanggal : 16 Jul 2018 03:23 Wib

Tahun 2018